Sabtu, 16 November 2013

Bulu Ayam Berubah Bermotif

Sering kali dikalangan kawan-kawan penggemar ayam hias melakukan pencabutan bulu, kalau melihat ayam hias kesayangan bulunya rusak. Agar kecacatan bulu yang rusak atau putus tak terlihat, mending di cabut. biar cepet tumbuh lagi. begitu alasannya.

Ada pula yang sengaja melakukan pencabutan agar usia bulu lebih tua dari yang seharusnya. dalam artian bulu lebih tua dari usia normal masa pergantian. Nah, yang ini biasanya dilakukan oleh penggemar atau penjual ayam hias berjenis ekor panjang. ( Phoenix, Bantam Phoenix, Onagadori) usaha pencabutan bulu ekor ini dimaksudkan untuk menambah panjang ekor yang tumbuh. kalau pergantian normal, mungkin puncak keindahan bulu ekor pada ayam hias ini akan mendapat panjang maksimal pada umur 2 tahun. Lain lagi kalau mutu dari ayam hias tersebut memang sudah oke.

Menurut pengalaman saya, kasus tercabutnya bulu ayam secara paksa, hanya akan membuat bulu menjadi strees. Dibanyak kasus, kemungkinan yang akan terjadi adalah bulu ayam akan mengeluarkan motif warna lain selain warna dasar dari bulu pada ayam. biasanya, warna yang akan muncul adalah putih kusam atau putih pudar.

Dikasus yang lebih ekstrim, bulu ayam yang mengalami pencabutan paksa, akan tumbuh tidak normal, misalnya tumbuhnya seperti berbuku-buku. ada juga yang tumbuh terbalik dan menjadi keriting. Adapula bulu tumbuhnya hanya pendek, dan belum habis masa tumbuh, bulu tersebut sudah tercabut lagi. karena pangkal tumbuh bulu mengalami penumpukan pertumbuhan.

Membiarkan bulu-bulu ayam tersebut tumbuh secara alami, mengalami moulting secara alami memang butuh waktu lama. kadang kita gak sabar untuk itu. lalu iseng melakukan pencabuan. Atau ada kejadian yang tak terduga, misal ayam bertarung tanpa sepengetahuan kita. dan banyak sebab lainnya.

Pada akhiarnya itu adalah pilihan kita. beli bibit ayam hias yang memang bermutu atau murah tanpa kualitas. atau kita akan berspekulasi dengan membeli ayam yang masih anakan. maka, ada baiknya pelajarilah dulu ayam hias yang hendak kita beli, agar segala seluk beluk tentang ayam hias kita sudah sangat mengerti. dan tidak ada muncul kekecewaan dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar