Kamis, 21 November 2013

Jatuh Hati Dengan Si Hutan Merah

pasangan hibrid
Berawal dari iseng browsing tentang ayam, mulai dari ayam laga, pedaging dan hias akhirnya saya ketemu dgn ayam Hutan Merah. awalnya biasa saja...

Setelah meninggalnya ibu saya, saya yang tinggal di kampung halaman akirnya di beri mandat oleh saudara untuk berdiam dirumah saja. dari pada harus ngontrak dan mandatnya adalah menemani abah yang sudah sendirian. kakak tertua sdh berkeluarga dan punya rimah sendiri, demikian kakak yang ke 2, tinggal di Batam. sedang adik saya tak mungkin meninggalkan pekerjaannya di Samarinda. setelah saya pindah ke rumah orang tua, ada 3 ekor ayam kampung piaraan ibu saya, tanpa kandang dan liar minta ampun. tidurnya di pohon dan bertelur dan mengeram di sebuah kandang kecil reot yang saya tahu umurnya sudah puluhan tahun. awalnya saya cuek saja, suatu waktu si ayam datang dengan membawa anakan 7 ekor. lalu ada ketertarikan untuk memberinya makan.

ayam kate hibrid
Iseng Miara Ayam Kate

suatu hari, teman saya yang beternak ayam bangkok menelpon saya. "Li, ambil nih ayam kate... ayam Bankokku leres gara2 inya! begitu suaranya. ( leres = hilang nyali. Inya = dia ).
akhirnya aku berangkat ke rumah kawanku itu. dan pulang membawa 2 ekor betina dan 1 jantan ayam kate. Dari sini kemudian saya banyak memelihara ayam, mulai dari ayam ketawa, kate, pilipin, kampung dan bangkok. semua ayam tersebut adalah hasil dari barteran dengan kawan2.
sebanyak itu ayam, hanya berawal iseng dengan 3 ekor ayam kate. ada yang pengen miara tapi gak punya uang buat beli, lalu saya kasih 1 pasang. eh besoknya orang tersebut bawa ayam kampung kerumah. katanya buat barteran kate yang semalam. yah lumayanlah.. ada juga yang datang dengan memaksa untuk barter dengan jenis ayam kampung. ada pula yang memang bener2 minta... tapi begitulah hidup di kampung. yah enaknya ya dinikmati saja.

Ayam Hutan Merah dari Gunung Klabat
Jatuh Hati Dengan Ayam Hutan Merah

Browsing lewat HP, tentang berbagai macam ayam. akhirnya bertemu dengan sosok AYAM HUTAN MERAH. membaca berbagai macam literatur tentang si merah ini. dari berbagai sumber yang ada di dunia maya, makin mantap saja saya jatuh hati dengan si merah. ditambah lagi bacaan2 tentang berbagai macam hasil silangan ayam dengan bahan AHM.
Di banyak website luar negeri, banyak sekali pembahasan tentang ayam hutan merah yang sudah di breding sejak lama. dan banyak pula hasil hybreed dengan bahan dasar AHM ini. ada Java Bantam, bankiva bantam, java kriel dan lainnya. yang mebuat saya tambah mantap untuk harus memiliki AHM walau seekor saja dan dari daerah man saja.

anakan hibrid AHM x Kate
Belajar Menghibrid

Pada akhirnya, saya berkesempatan memelihara AHM dari Sulawesi. Oleh-oleh seorang sepupu yang dapat istri orang dari daerah gunung KLABAT. dia bawa 3 ekor AHM dari sana. 1 ekor diminta paman di gorontalo, 2 ekor lagi lolos sampai ke Handil. saya memelihara seekor dan seekor lagi dia pelihara sendiri.

Karena sering melihat webite orang luar negeri, maka, ide dikepalapun muncul untuk menghibrid si Merah ini. dan secara kebetulan, saya punya ayam kate yang sudah hasil silang menyilang juga. ayam kate ini hasil dari penyilanagan Jantan ayam ketawa dengan babon game fowl jenis Sweater. dan biasanya hasil dari silangan game fowl dengan jenis lain didaerah saya menyebutnya dengan nama "cacong". anakan yang babon, lalu saya kawinkan lagi dengan pejantan ayam kate jepang. dan secara turun temurun, ayam ini menjadi ayam KATE KESAYANGAN. karena bentuk ysangat berbeda dengan kate jepang. terutama pada ekor yang sudah tidak lagi naik keatas, tapi hanya datar saja dan bulu ekor lumayan panjang dan lebat menjuntai.

anakan hibrid AHM x Kate
pada akhirnya, 2 babon kate ini saya pilih untuk saya silangkan lagi dengan Si Merah. saat ini anakannya sudah umur 2bulan yg periode 1. dari 5 ekor yg menetas hanya tertinggal 2 ekor yang selamat. dan periode ke 2 dengan babon yang lain menetas 8 ekor dari 10 biji telur yang dierami.

masih dalam usaha untuk bikin ayam hias sendiri, si Merah kini saya jodohkan lagi dengan babon ayam kate jambul dan babon ayam kate dengan jengger sumpel. entah nanti apa jadinya. yang jelas selama memelihara ayam-ayam ini, paling tidak menjadi hiburan buat saya secara pribadi pun keluarga saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar