Kamis, 21 November 2013

BEKISAR

koleksi Muhammad Idris (handil, Kaltim)
Ayam bekisar adalah ayam hasil hibrid dari Ayam Hutan Hijau dengan ayam kampung. Ayam Bekisar, selain indah secara fisik dengan bulu cerah dan mengkilap juga memiliki kokok yang unik. di Indonesia, sering sekali ada perlombaan Ayam Bekisar.

untuk menghasilkan kokokan ayam yang baik, masuk dalam standar penilaian, maka para petrnak bekisar akan menyeleksi calon2 indukan. memilioh babonpun tak sembarangan. pun demikian pula dengan calon pejantan. pacek AHH sering kali diseleksi untuk membuat Ayam Bekisar kelas lomba. ayam bekisar juga hanya bisa dihasilkan dari menyilangkan antara AHH dan babon ayam domestik. sementara Bekisar yang dikawinkan dengan bekisar maka akan mengalami infertilitas.

Selama bertahun-tahun, ayam Bekisar dibuat, kini para peternak ayam Bekisar telah paham bagai mana ciri2 ayam yang baik untuk menghasilkan bekisar juara. dan sayangnya itu seringkali menjadi rahasia si pemilik peternakan. dalam perkembangannya, banyak sekali ragam jenis warna pada Ayam Bekisar. bahkan putih polos dan hitam polos pun telah dapat di hadirkan.

koleksi Adipati Rahadianto (Jakarta)
dimasing-masing daerah, pada akhirnya menghasilkan bekisar dengan ciri-ciri tertentu. bekisar pruduk Madura, akan berbeda dengan produk Solo, Jawa Timuran akan berbeda dengan Bekisar Produk Jogja. menurut beberapa peternak, ini di hasilkan dari babon ayam kampung yang memiliki ke khasan tersendiri pada setiap daerahnya.

wal hasil, kini Ayam Bekisar tak hanya di nikmati keindahan kokoknya, banyak pula yang sudah membuat Ayam Bekisar hanya dinikmati keindahan bulu saja. dengan mengawinkan AHH dengan babon Ayam Ekor Panjang misalnya phoenix atau onagadori. kreasi terbaru kawan2 ini masih belum bisa banyak ditrima masyarakat, tapi hanya sebatas koleksi pribadi dan kalangan terbatas pada penghobby ayam hias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar