Senin, 25 November 2013

Si Chebo

si Chebo.  Ayam Kate Lokal
Namanya si Chebo. Begitu saya menamainya. ayam kate lokal ini hanya memiliki berat lebihkurang 600gram saja. jengger kecil dan keple spt baret. berjambang dan berjenggot. gelambir kecil.

Ayam yang satu ini sangat lincah, dengan kokokan melengking. sedikit jambul yang dimilikinya membuat unik ayam ini.

awalnya saya gak begitu memperhatikan ayam ini. beberapa ayam kate yang saya punya berperawakan lebih besar, maka saya namakan saja ia Si Chebo.

dari sekian anakan, tersisa hanya 3ekor, 2 betina dan 1 jantan. setelah besar dan siap diternak kembali, 1 betina mati di makan musang. sepasang ayam kate lokal ini saya buatkan kandang khusus. sempat bertelur dan ngeram, akhirnya si Chebo mati akibat ganasnya pancaroba. menyusul anak-anaknya yang baru seminggu menetas. kini ayam ini hanya tinggal betina saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar