Jumat, 15 November 2013

Gallus Varius dan APAHI

koleksi Muhammad Chosim
AYAM HUTAN HIJAU

Gallus Varius atau sebutan lokalnya Ayam Hutan Hijau atau sering disingkat AHH. Ayam Hutan ini endemik Indonesia dan terkhusus di Pulau Jawa, Bali dan sedikit Nusa Tenggara, pernah ditemui juga di sedikit bagian Sumatra.

Ayam hutan yang satu ini, adalah hewan yang sangat indah. dengan warna bulu mengkilap dan akan bertambah cerah dan berkilau jika tertimpa cahaya. pial/gelambir tunggal dengan warna merah mulai dari wajah dan gradasi kuning cerah pada sisi bagian bawah, jengger berwarna gradasi biru pada pangkal dan dengan cahaya keunguan pada sisi atas menambah kewibawaan pada ayam jantan. dengan kokok yg hanya 2 -3 ketukan, menjadikan keunikan tersendiri bagi ayam ini.

Ayam Hutan Hijau, sangat penting bagi masyarakat Jawa. posisi ayam ini adalah Raja dari segala hewan peliharaan. AHH memiliki posisi penting bagi pecinta Ayam Bekisar. jika tak ada AHH maka tidak ada ayam Bekisar. Maka Ayam Hutan Hijau sangat penting untuk dijaga kelestariannya baik habitat dan AHH-nya sendiri.

BEKISAR (anonima, google search)


BEKISAR

ayam BEKISAR adalah ayam kelangenan yang sangat menarik. selain keindahan bulu, juga kokok yang sangat unik. tak seperti ayam kebanyakan. di Indonesia, ayam Bekisar menjadi sangat populer sejak lama dan sering sekali ada perlombaan. ayam bekisar dihasilkan dari perkawinan silang antara Jantan AHH dengan betina ayam kampung.
dalam memilih betina ayam kampung juga tidak sembarangan. Ada kriteria khusus agar kokok si ayam Bekisar bisa masuk dalam kategori penilaian baik atau yang terbaik.

Ayam Hutan Hijau koleksi Thoyib (ketua APAHI)
 ASOSIASI PELESTARIAN AYAM HUTAN INDONESIA

Tidak hanya melulu soal AHH dan turunannya, APAHI juga berkonsentrasi ke Ayam Hutan Merah yang tersebar di seluruh nusantara. dan juga direncanakan bukan hanya untuk jenis Gallus tapi juga jenis-jenis Pheasant asli Indonesia.

Jika ingin informasi lebih dalam dan tertarik dengan AHH dan BEKISAR, silahkan mengunjungi Facebook Group APAHI PUSAT (Asosiasi Pelestarian Ayam Hutan Indonesia) dan blog  APAHI PUSAT *cek di blog sahabat kiri atas blog ini.


LOGO APAHI By Gogor Yugo Utomo


2 komentar:

  1. logone yang ngrancang Mas Gogor iku... Bukan sang adipati. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah salah ya... hehehe...ateng bawa kayu... thank you.. infonya.. langsung edit :D

      Hapus